Satu Klik Sejuta Makna

Jika anda merasa blog ini bermanfaat, silahkan tinggalkan komentar anda. dan jika berkenan, kliklah salah satu iklan yang tersedia.
Komentar dan klik anda sangat bermanfaat dalam pengembangan blog ini.

terima kasih

Selasa, 26 April 2011

Mengenal Tipe Pewawancara Kerja

Menghadiri wawancara pekerjaan, timbul sejuta tanya di benak. Pertanyaan apa yang akan diajukan, pakaian apa yang pantar dipakai, bagaimana harus menjawab pertanyaan, dan berapa lama wawancara akan berjalan ? Pencari kerja yang baik pastinya sudah menyiapkan segalanya.
Tapi jangan lupakan satu hal penting. Seperti apa karakter orang yang akan mewawancarai anda dan bagaimana menghadapinya. Karena begitu anda masuk dan duduk didalam ruangan, semuanya sangat bergantung pada si pewawancara. Bagaimana menghadapi pewawancara..... KENALI DULU KARAKTERNYA... karena bukan mereka yang harus menyesuaikan diri, tapi anda...

1. Bersahabat
ini tipe pewawancara yang memperlakukan anda seperti seorang teman, saat senyumnya lebar, jabatan tangannya antusias, dan sering menanyakan pertanyaan personal yang keluar dari topik wawancara. Tipe pewawancara seperti ini sangat memberi kesempatan kepada anda agar tenang dan relaks saat menjawab. Anda bisa menunjukkan kemampuan anda dengan cara yang santai. Tapi ingat, sesantai-santainya wawancara jangan sampai terjebak dalam percakapan pribadi yang terlalu mendalam, jangan sampai ada curhat colongan.

2. Interogator
saat anda masuk ruangan tak banyak basa-basi. Anda langsung diberondong sejumlah pertanyaan, langsung kesasaran. Sebaiknya anda sudah benar-benar siap dengan jawaban yang bagus dan mengenai sasaran juga. Jangan berharap akan mendapatkan petunjuk atau bantuan saat menjawab, berharap saja pertanyaan selanjutnya bisa dijawab dengan mudah.

3. Si Sibuk
saat mewawancarai, dia sibuk mengecek surat, membalas SMS, menjawab telefon masuk, dan tak terlalu fokus dengan apa yang anda katakan. Pewawancara seperti ini mungkin sedikit mengesalkan karena anda bicara sendiri. Tapi hati-hati, jangan terlena dengan segala kesibukannya. Sebaiknya tetap fokus dan berikan jawaban terbaik, karena diam-diam mereka sangat memperhatikan anda.

4. Si Melantur
saat anda deg-degan menerima pertanyaan, si pewawancara malah bicara ngalur-ngidul dan terkadang melontarkan banyolan-banyolan tak penting. Pewawancara seperti ini kadang bikin ilfil karena sikapnya kurang profesional, yang perlu anda lakukan saat menghadapi pewawancara seperti ini tetaplah berada pada zona aman, lagi-lagi jangan terpancing menimpali pembicaraan-pembicaraan tak serius yang berpotensi merusak konsentrasi.

5. Pengikut Aturan
pewawancara seperti ini mengajukan pertanyaan yang sama persis pada setiap calon pegawai. Semua pertanyaan sudah disiapkan, metodenya pun sama. Sangat tidak fleksibel terhadap situasi, seperti mengkuti protokol saja. Tapi ada baiknya untuk anda, kemungkinan pertanyaan yang diajukan sangat standard dan sudah sering anda dapatkan diwawancara kerja lainnya. Pastinya tak sulit dong, menjawab pertanyaan yang sudah pasaran ?

6. Pelawak
orang-orang yang selera humornya tinggi pasti akan membawa humor dalam situasi apapun, termasuk wawancara kerja. Kadang ini menguntungkan anda, tapi anda juga harus bersiap mendengar komentar aneh bahkan sarkastik darinya. yang akan membingungkan, saking seringnya bercanda dan melucu, anda mungkin tak sadar wawancara sudah dimulai atau belum....

7. Si Datar
tak ada respon atas setiap jawaban yang anda lontarkan. Tak ada komentar apalagi lelucon. Waspada, wajah dingin tanpa respon ini bisa sangat menjebak, anda tak pernah tahu apakah wawancara berjalan baik atau buruk. Mungkin anda bisa mencari celah untuk mencairkan suasana,tapi jangan sampai melontarkan topik pembicaraan tak penting yang malah memperburuk suasana.

8. Pengintimidasi
setiap kali menjawab pertanyaan, anda mendapat tanggapan sinis. Setiap pertanyaan diajukan dengan kesan mengintimidasi. Pewawancara seperti ini yang paling dihindari para pencari kerja, karena sangat berpotensi menjatuhkan mental, menjatuhkan kepercayaan diri, dan berakibat wawancara menjadi kacau. Jika tak ingin seperti itu, yang perlu anda lakukan adalah tenang, fokus, dan tunjukkan kepercayaan diri. Lakukan kontak mata untuk menunjukkan anda tak gentar. Yang terpenting...... BERIKAN JAWABAN TERBAIK...

SEKIAN INFO HARI INI...
TUNGGU INFO LAIN SELANJUTNYA...

Informasi lainnya :

==============================================================


1. Ngeclick.com Dahsyatnya Traffic Exchange Indonesia

2. AdsenseCamp.com penyedia iklan gratis per kliknya Rp. 300,-

3. Kumpulblogger.com penyedia iklan gratis per kliknya Rp. 150,- s/d Rp. 500,-

4. Incentria what makes us different ?

5. Clicksia Get paid to complate tasks

6. Adzclix PTC, Traffic Exchange and Paid To Promote

7. Ro2 Mafia Empire, Play the game and earn much money

8. ayosurvei, ikuti survey nya di Facebook, mudah dan terpercaya



| Free Bussines? |


5 komentar:

  1. makasih gan buat infonya, jadi tau nih tipe2 pewawancara :)
    jgn lupa yah mampir ke http://bit.ly/bbMPA1

    BalasHapus
  2. gan ane memenuhi kunjungan nya gan,
    gan sebenr nya blog ente bagus kok,tapi kalau di tambah lagi gadget buku tamu nya pasti menarik gan,trus di buat label blog agan ,ntuh saya lihat label agan udah bnyak trus tinggal di buat tabel label kepala blog nya aja gan,,pasti lbih menarik tampilan blog agan,mkasih udah mengunjungi gilien 2122 gan,,,salam blogger

    BalasHapus
  3. blognya bagus gan,,,kunjung balik ke blog ane y gan y gan

    BalasHapus
  4. sip... sip... mantap oyyyyyyy

    BalasHapus
  5. @gielien 2122
    makasih gan atas pujiannya, tp ane bener2 gak tau gan gmn cara buat gadgetnya
    jika berkenan boleh dong dibagi ilmunya, hehehehe
    maklum gan masih newbie....

    @BUKAL
    segera meluncur ke TKP gan...

    @klik iklan dibayar, @GRATIS
    makasih..

    BalasHapus